Pages

Senin, 28 September 2015

PELATIHAN SOFT SKILL PIJAT REFLEKSI BAGI TUNA NETRA DI KABUPATEN PURBALINGGA

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat, Agus Ja’far mahasiswa tuna netra kelahiran Kabupaten Batang yang sekarang ambil studi Pendidikan Nonformal Universitas Negeri Semarang berhasil lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke 28 di Universitas Halu Uleo Kendari Sulawesi Tenggara yang akan diselenggarakan pada tanggal 5-9 Oktober 2015 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Sebagai seorang tuna netra, mahasiswa yang akrab dipanggil Ja’far ini mencoba mengangkat derajat tuna netra melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema pelatihan soft skill pijat refleksi bagi tuna netra. Pelatihan yang diselenggarakan pada 19-21 Mei 2015 di Purbalingga ini diikuti 21 peserta dari Purbalingga, Pemalang, Pekalongan dan Batang. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan tuna netra memiliki soft skill tambahan agar mampu bersaing di dunia kerja, mengingat sekarang banyak orang umum yang berprofesi sebagai pemijat.
Pada tahun ini di Universitas Negeri Semarang (UNNES) 7 PKM yang lolos ke PIMNAS. Ia tergabung di Kontingen PIMNAS UNNES yang akan berkompetisi di PIMNAS dengan jumlah 440 Tim PKM dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Tahun sebelumnya, Dikti juga mendanai PKM yang di ketuai Ja’far dengan tema pelatihan baca tulis Alquran Braille bagi Tuna Netra.  Saya dari kalangan tuna netra dan saya ingin bermanfaat untuk kalangan senasib. Melalui PKM Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan selama menjadi mahasiswa. Ungkap Ja’far yang juga merupakan atlet difabel Kabupaten Batang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About